De Arca Statue Museum
Travel

De Arca Statue Museum

Selain London, Hongkong, dan Thailand yang mempunyai Madame Tussauds, Indonesia juga tidak mau kalah untuk membuat museum patung yang bisa menarik banyak wisatawan. Ya, Indonesia juga punya museum patung yang bernama De Arca Statue Museum yang terletak di kota Jogja. De Arca yang mempunyai luas sekitar 750 meter ini diresmikan pada tahun 2014 dan sampai saat ini masih ramai dikunjungi wisatawan.

Tempat Wisata De Arca Statue Museum Jogja

Di museum ini Anda bisa bertemu dengan penyanyi, presiden, pahlawan, hingga pemain bola favorit Anda dalam bentuk patung berskala 1:1 atau berukuran sama seperti aslinya. Jika kita mempunyai idola, seringkali mimpi untuk bisa berfoto dengan mereka sulit terwujud. Apalagi jika idola kita sudah lama meninggal. Maka dari itu, De Arca Statue Museum mencoba mewujudkan mimpi-mimpi kita untuk berfoto bersama idola.

Patung-patung disini dibuat persis seperti orang aslinya, dengan pose dan pakaian yang khas bagi masing-masing tokoh. Museum De Arca terbagi menjadi tiga zona, yaitu zona tokoh nasional, zona tokoh dunia, dan zona presiden dunia. Di zona tokoh nasional Anda bisa berjumpa dengan Dahlan Iskan, Mbah Maridjan, R.A. Kartini, Cut Nyak Dien, Pangeran Diponegoro, Jendral Soedirman, dan yang lainnya. Di ujung zona ini, ada patung seorang pelukis yaitu Affandi, sedang menggunakan baju merah dan sarung dengan cerutu di tangannya, terlihat seperti sedang memandangi aktivitas yang terjadi di sekitarnya.

Belum lama ini ada patung terbaru yang dihadirkan di De Arca Statue Museum, yaitu patung presiden Joko Widodo. Bahkan Pak Presiden yang lebih akrab disapa Jokowi ini sempat mengunjungi museum De Arca dan berfoto dengan patung yang mirip dengannya itu. Wah, presiden saja pernah datang ke museum ini, lho. Anda pun bisa segera merencanakan untuk mengunjungi museum ini saat liburan nanti agar tidak kalah dengan Pak Jokowi!

Diantara zona tokoh nasional dan zona presiden dunia, terlihat ada patung yang unik. Patung pahlawan Spiderman sedang duduk menyilangkan kaki, dengan memakai blangkon dan kain batik yang terikat di pinggangnya. Mulai memasuki zona presiden dunia, Anda bisa berfoto dengan Soekarno, Susilo Bambang Yudhoyono, Megawati, B.J. Habibie, Ratu Elizabeth II, sampai dengan Barack Obama.

Zona tokoh dunia biasanya paling ramai dikerubuti wisatawan. Pasalnya di zona ini terdapat patung Brad Pitt, Michael Jackson, Christiano Ronaldo, Jackie Chan, Mother Theresa, Hitler, hingga Dalai Lama. Ada juga tokoh dari film-film terkenal seperti Jack Sparrow, Thor, Hulk dan juga Captain America.

Jika gambar-gambar 3D yang ditampilkan di De Mata pernah beberapa kali diganti agar tidak membosankan, patung-patung di De Arca tampaknya tidak pernah diganti. Tetapi dalam waktu ke waktu akan ada beberapa patung yang ditambahkan agar pengunjung tidak bosan dengan patung-patung yang dari awal sudah dihadirkan.

Patung tokoh-tokoh ini dibuat oleh seniman Jogja yang bernama Dunadi dengan menggunakan bahan dasar resin (getah yang diambil dari tumbuhan tertentu). Jika patung-patung tokoh di Madame Tussauds dibuat dari lilin/wax, patung di De Arca Statue Museum Jogja ini dibuat menggunakan resin untuk menyesuaikan dengan iklim di Indonesia.

Selain berfoto-foto dengan patung-patung tokoh, Anda juga bisa mempelajari tentang bagaimana sejarah kehidupan dari masing-masing tokoh. Di dekat patung seorang tokoh ada sebuah tulisan yang bisa Anda baca untuk menambah pengetahuan Anda tentang tokoh tersebut.

Jika ingin berkunjung kesini, pastikan Anda membawa kamera atau handphone dengan baterai penuh dan memori yang besar agar bisa puas berfoto dengan tokoh idola. Dan jika Anda ingin mengunjungi tempat menarik lainnya di Jogja, Anda bisa mampir ke website https://www.kartanesia.com untuk melihat paket tour atau menyewa mobil beserta driver-nya.

Anda juga bisa sekalian membeli souvenir atau oleh-oleh di zona kerajinan yang masih berada di satu wilayah dengan De Arca Statue Museum, yaitu XT Square.

Lokasi

Lokasi De Arca Statue Museum berada di dalam kawasan XT Square yang beralamat di Jl. Veteran 150-151 Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta, Indonesia. De Arca Statue Museum terletak di sebelah De Mata Trick Eye Museum.

Rute

Jika dari bandara, Anda bisa melewati Jl. Laksda Adi Sucipto ke arah kota. Nantinya Anda akan menemukan Jl. Veteran dan melewati kebun binatang Gembira Loka. Setelah itu Anda bisa belok ke kanan menuju XT Square yang hanya memakan waktu 14 menit di perjalanan.

Jika Anda dari pusat kota Jogja atau dari arah keraton, arahkan kendaraan Anda menuju alun-alun kidul. Setelah itu Anda harus melalui jalan MT Haryono – jalan Mayjen Sutoyo – jalan Kol Sugiono – jalan Menteri Supeno dan akhirnya Anda akan menemukan jalan Veteran dimana XT Square berada.

Untuk rute dari ringroad selatan (terminal giwangan), Anda tinggal arahkan kendaraan untuk melalui jalan Pramuka, dilanjutkan ke jalan Perintis Kemerdekaan, dan setelah itu Anda akan menemukan jalan Veteran. Di jalan itulah XT Square berada. Anda tinggal masuk ke kawasan XT Square menuju De Arca Statue Museum.

Anda juga bisa menuju XT Square dengan kendaraan umum seperti TransJogja.

Harga Tiket

Harga tiket untuk masuk ke De Arca Statue Museum sangat beragam. Jika Anda datang di hari senin sampai jum’at pada pukul 10.00 sampai dengan pukul 15.00, harga tiket De Arca Statue Museum akan dikenakan biaya sebesar 35.000 rupiah. Jika datang hari senin hingga jum’at pada pukul 15.00 sampai dengan 22.00, Anda harus mengeluarkan kocek sebesar 50.000 rupiah. Dan jika Anda datang saat akhir pekan atau hari libur, Anda harus membayar sebesar 60.000 rupiah untuk pukul 10.00 sampai dengan 22.00. Anak-anak dengan usia dibawah 5 tahun tidak akan dikenakan biaya.

Ada juga tiket terusan untuk menuju De Mata Eye Trick Museum yang ditawarkan jika Anda ingin menuju dua tempat ini dengan harga lebih hemat. Untuk hari senin sampai jum’at pada pukul 10.00-15.00 Anda bisa membeli tiket dengan harga 90.000 rupiah. Di hari senin sampai jum’at pukul 15.00-22.00 dikenakan biaya sebesar 100.000 rupiah. Dan di akhir pekan atau di hari libur Anda harus membayar seharga 120.000 rupiah. Untuk anak-anak dibawah umur 5 tahun tidak dikenakan biaya.

De Arca Statue Museum dibuka setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 10 malam.

Fasilitas

Fasilitas di De Arca Statue Museum sangatlah lengkap. Diantaranya ada toilet, mushola, tempat parkir, kantin, toko merchandise, dan lain-lain. Ruangan museum De Arca juga dilengkapi dengan pendingin ruangan/ AC, jadi Anda tidak perlu khawatir akan kepanasan jika ingin berlama-lama mengambil foto-foto disini. Itulah informasi yang dapat anda ketahui mengenai De Arca Statue Museum.

Title : De Arca Statue Museum

You might also like